in ,

Bank Mandiri Gulirkan Program Kewirausahaan Petani

Selain itu, Bank Mandiri juga berkolaborasi dengan lembaga nirlaba, Mandiri Amal Insani (MAI), dalam hal penyaluran dana bergulir tanpa bunga untuk petani yang masuk golongan penggarap duafa.

“Saat ini outstanding dana bergulir yang diserahkan kepada PT MDP telah mencapai Rp 1 miliar, dengan jumlah penerima 176 petani, yang menggarap lahan seluas hampir 56 hektar,” kata Darmawan.

Bank Mandiri menjadi penghubung kolaborasi PT MDP dengan BUMN lainnya, salah satunya dengan Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) melalui program Agro Solution. Program itu meliputi pendampingan budidaya kepada petani dengan tata cara penanaman hingga pengawasan kesehatan tanah dan pelatihan pemberian kombinasi pupuk. Alhasil, produktivitas hasil panen, baik kuantitas dan kualitas meningkat.

Baca Juga  Kemenkeu Satu Jateng Asistensi UMKM Lapor SPT

“Sejauh ini pemberdayaan di Pamarican sudah memberikan hasil yang positif, tidak hanya dari kenaikkan penyerapan bahan baku, namun juga pada aspek produksi beras, penjualan, serta laba PT MDP,” kata Darmawan.

Di tengah pandemi PT MDP berhasil meningkatkan laba tahun 2020 lebih dari 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian ini berasal dari kontribusi produksi beras yang tumbuh sebesar 97 persen menjadi 6.594 ton dan penjualan beras sebanyak 6.814 ton atau tumbuh 102 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagai bentuk diversifikasi usaha, Bank Mandiri mendorong PT MDP untuk mengelola mini market bernama BUMNShop. Di sana menjual berbagai produk BUMN dan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Total penjualan BUMNShop di tahun 2020 mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

Baca Juga  Wamenkominfo Soroti Urgensi Perlindungan Data Pribadi dan Privasi

“Setelah Pamarican, program Kewirausahaan Petani ini juga telah diperluas di Kebumen, Jawa Tengah. Semoga SPBT Kebumen juga dapat membukukan hasil yang juga optimal,” harap Darmawan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *