in ,

ADB Dukung Pengembangan Energi Hijau di Indonesia

ADB Dukung Pendanaan Pengembangan Energi Hijau di Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Asian Development Bank (ADB) berkomitmen mendukung pendanaan pengembangan ekonomi berbasis energi hijau di Indonesia. Secara total, ADB telah mengalokasikan dana sebesar 80 miliar dollar AS untuk pendanaan iklim untuk semua negara periode tahun 2019-2030.

“Pandemi memberi kita kesempatan unik untuk membangun kembali melalui pemulihan yang hijau, tangguh, dan inklusif. ADB akan mendukung transisi dan pengembangan Indonesia menuju ekonomi berbasis energi hijau rendah karbon dengan pendanaan untuk pembangkit energi bersih. Indonesia dapat memimpin dengan memberi contoh melalui kepemimpinan G20 yang akan datang di tahun 2022 dan ASEAN di tahun 2023. ADB berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada Indonesia melalui sovereign yang kami miliki dan operasi sektor swasta, serta saling berbagi pengetahuan,” jelas Presiden ADB Masatsugu Asakawa dalam webinar International Climate Change Conference bertajuk A Just and Affordable Transition toward Net Zero, yang disiarkan YouTube Kementerian Keuangan (22/7).

Baca Juga  Telkom Akselerasi Digitalisasi di Indonesia Timur

Masatsugu mengatakan, selama ini ADB telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam beberapa program, antara lain dukungan terhadap pengembangan pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) yang perlahan seirama dengan pengurangan penggunaan pembangkit listrik berbasis batu bara.

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menuturkan, Indonesia akan terus berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dan membawa Indonesia menjadi negara yang berbasis ekonomi rendah karbon. Salah satunya, Indonesia telah menyampaikan nationally determined contribution (NDC) pertama ke United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada tahun 2016. Isinya, Indonesia menargetkan dapat melakukan pengurangan emisi 29 persen tanpa dukungan internasional dan 41 persen dengan dukungan internasional.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings