in ,

Askolani Sosok Dirjen Bea Cukai Baru dan Tugas Menanti

Askolani Sosok Dirjen Bea Cukai Baru dan Tugas Menanti
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani telah merombak susunan pejabat eselon I di Kementerian Keuangan. Salah satunya menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kemenkeu Askolani menempati posisi baru sebagai Dirjen Bea Cukai menggantikan Heru Pambudi. Pelantikan dilakukan di Jakarta, Jumat 12/3/21). Sri Mulyani mengatakan, perombakan itu dilakukan di tengah upaya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mempercepat pemulihan ekonomi nasional serta menjaga kesehatan APBN dalam jangka menengah.

Askolani bukanlah orang baru di Kemenkeu. Selepas kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP), Universitas Sriwijaya, pria kelahiran Palembang, 11 Juni 1966 itu melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tahun 1992, ia diterima sebagai pegawai di Kemenkeu. Kariernya di mulai sebagai pelaksana Badan Analisa Keuangan dan Moneter yang sekarang melebur menjadi Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Tujuh tahun kemudian, pada 1999, ia mendapatkan beasiswa Magister ke luar negeri. Agar linier dengan bidang studi yang geluti, Askolani memilih jurusan Arts Economics and Banking di Universitas Colorado.

Baca Juga  Robert Pakpahan, dan Roda Reformasi Perpajakan

Setelah kembali ke Indonesia pada 12 April 2001, ia langsung bertugas di Badan Analisa Fiskal dan menjabat Kepala Subbidang Analisa Pembayaran Bunga Utang. Dan tak lama kemudian menjabat Kepala Bidang Analisa Pengeluaran Rutin. Di sana ia bertugas merencanakan dan menyusun APBN makro untuk anggaran kementerian/lembaga.