in ,

Swiss: Pajak Minimum Global Tingkatkan Penerimaan

Swiss: Pajak Minimum Global
FOTO: IST

Pajak.com, Swiss – Pemerintah Swiss memproyeksi, implementasi pajak minimum global (global minimum taxation) 15 persen, dapat meningkatkan penerimaan pajak hingga mencapai 2,5 miliar franc Swiss (CHF) atau sekitar Rp 38,6 triliun. Pemerintah Swiss juga akan mengalokasikan 75 persen penerimaan dari penerapan pajak korporasi minimum global itu untuk pemerintah kanton dan daerah.

Apa itu kanton? Kanton adalah sebuah pembagian wilayah suatu negara yang lazim dipakai di beragam negara. Kata ini berasal dari bahasa latin, yaitu canto, artinya bagian dari suatu negara. Dengan demikian, kanton di Swiss adalah negara bagian dari negara federal Swiss. Secara historis dan hingga pertengahan abad ke-19, masing-masing kanton dalam konfederasi saat itu adalah negara yang berdaulat, masing-masing dengan perbatasan, tentara, dan mata uangnya sendiri. Menurut konstitusi 1999, jumlah kanton di Swiss secara resmi adalah 26. Beberapa kanton di Swiss, antara lain Zurich, Berne, Nidwald, Obwald, dan lainnya.

Baca Juga  E-BPHTB Mudahkan Wajib Pajak Beli Rumah

Menteri Keuangan Swiss Ueli Maurer mengungkapkan, pemerintah Swiss memberikan otoritas penuh kepada kanton dalam menentukan penggunaan penerimaan pajak yang bersumber dari implementasi Pilar 2: Global Anti Base Erosion (GloBE).

“Pemerintah pusat mendapatkan alokasi penerimaan sebesar 25 persen dari total pajak tambahan yang diterima. Dana akan digunakan untuk terus mengembangkan Swiss sebagai lokasi bisnis. Sedangkan, 75 persen penerimaan dari penerapan pajak korporasi minimum global untuk pemerintah kanton dan daerah,” jelas Maurer, dikutip dari Reuters (25/6).

Ia mengatakan, penerapan pajak korporasi minimum global 15 persen akan berdampak untuk sekitar 200 perusahaan Swiss dan 2.000 perusahaan asing yang beroperasi di Swiss.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0