in ,

Rasio Pajak Indonesia Menurun di Tengah Pandemi

Rasio Pajak Indonesia dan Produk Domestik Bruto Diproyeksi Menurun di Tengah Pandemi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD) merilis, rasio pajak Indonesia tercatat 11,9 persen dari produk domestik bruto (PDB) di tahun 2018. Di tahun yang sama, Bank Dunia mencatat rasio pajak Indonesia ada dikisaran 14,6 persen. Capaiannya ini di bawah rata-rata negara yang tergabung dalam OECD, yakni sekitar 34,3 persen.

Director of Centre for Tax Policy and Administration OECD Pascal Saint Amans mengatakan, Indonesia sebagai salah satu negara dengan rasio pajak terendah dan berpotensi akan semakin menurun di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu tantangan utama Indonesia adalah fakta bawah di antara negara G-20 dan lebih luas lagi negara berkembang, rasio pajak Indonesia dari produk domestik bruto (PDB) merupakan salah satu yang terendah di dunia,” ucap Amans.

Baca Juga  Diskon Pajak Kendaraan, Jaga Momentum Pemulihan

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu bahkan memproyeksikan, rasio pajak akan menurun menjadi di bawah 8 persen di tengah pandemi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0