in ,

Keminves Beri Tax Holiday dan Tax Allowance KEK Kendal

Keminves Beri Tax Holiday dan Tax Allowance KEK Kendal
FOTO: IST

Pajak.com, Kendal – Perusahaan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal resmi memperoleh sertifikat tax holiday dan tax allowance dari Kementerian Investasi/BKPM. Tax holiday merupakan insentif yang diterima oleh perusahaan atau investor baru, berupa fasilitas pengurangan pajak penghasilan (PPh) badan hingga 100 persen selama 10-20 tahun. Sementara, tax allowance juga pengurangan PPh badan yang akan dihitung berdasarkan besar jumlah investasi yang ditanamkan.

Presiden Direktur PT Kawasan Industri Kendal Stanley Ang mengatakan, tax holiday merupakan salah satu capaian yang ditargetkan KEK Kendal. Kawasan Industri Kendal resmi menjadi KEK pertama di Pulau Jawa pada tahun 2019. Hingga kini sudah ada 69 perusahaan yang tergabung dengan total investasi sebesar Rp 22,4 triliun.

Baca Juga  Penerimaan Pajak Transaksi Aset Kripto Rp 82,85 M

Adapun enam perusahaan KEK Kendal yang resmi mendapat sertifikat tax holiday adalah:

  1. PT Eclat Textile International, perusahaan produsen apparel olahraga asal Taiwan
  2. PT Global Textile, perusahaan tekstil asal Tiongkok. Perusahaan ini masuk daftar Fortune 500, yaitu perusahaan teratas dunia yang dinilai Majalah Fortune berdasarkan pendapatan bruto
  3. PT Maju Bersama Gemilang, produsen kabel fiber optic asal Tiongkok yang juga merupakan anggota Fortune 500
  4. PT Borine Technology, perusahaan yang bergerak di bidang elektronik rumah tangga dan berasal dari Tiongkok
  5. PT Masterkidz Indonesia, perusahaan dengan hasil produksi mainan dari kayu
  6. PT Auri Steel, produsen galvalum asal Indonesia

Sementara, perusahaan yang mendapatkan tax allowance di KEK Kendal adalah PT Sinar Harapan Plastik. Perusahaan asal Indonesia ini memproduksi mainan dari plastik.

Baca Juga  Lebih Dekat dengan Pajak Kendaraan Bermotor

“Sebanyak 70 persen perusahaan itu berorientasi ekspor. Tujuh perusahaan yang menerima tax holiday merupakan salah satu capaian yang ditargetkan KEK Kendal sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, yaitu semua investor atau perusahaan yang berada di dalam KEK Kendal dapat menikmati berbagai manfaat dari KEK dan meningkatkan nilai ekspor dari Jawa Tengah,” kata Stanley dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.compada (25/10).

Secara keseluruhan, perusahaan yang telah berinvestasi di KEK Kendal berasal dari Tiongkok, Taiwan, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Indonesia. Perusahaan itu bergerak pada industri makanan dan minuman; fesyen (tekstil, garmen, dan apparel); furnitur; elektronik; otomotif; logistik dan pengemasan.

Baca Juga  Penghasilan Hingga Rp 5 Juta/Bulan Kena Pajak 5 Persen

“Saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut membantu terwujudnya penerbitan sertifikat tax holiday tersebut. Penerimaan sertifikat tax holiday ini tentu tidak terlepas dari peran berbagai pihak. Oleh sebab itu, kami turut mengucapkan terima kasih kepada Dewan Nasional KEK, BKPM, dan seluruh pihak yang terlibat,” kata Stanley.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *