in ,

Kemendagri Beri Penghargaan Realisasi APBD Tertinggi

Kemendagri Beri Penghargaan Realisasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tertinggi 2021 kepada pemerintah daerah, yang terdiri dari pemerintah kota, kabupaten, dan provinsi. Penghargaan terdiri dari tiga kategori, Realisasi Pendapatan Tertinggi, Realisasi Belanja Daerah Tertinggi, dan Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tertinggi. Pemberian penghargaan dilakukan dalam serangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, (2/6).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengapresiasi sekaligus meminta pemerintah daerah untuk terus berinovasi dalam meningkatkan PAD. Terkendalinya pandemi COVID-19 saat ini harus menjadi kesempatan bagi kepala daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Cara Penggunaan e-Nofa

“Ada sektor-sektor yang masih tetap bertahan, pada saat pandemi, PAD-nya, misalnya sektor pangan, pertanian, perkebunan, pertambangan, dan lain-lain. Tapi yang sektor paling dalam adalah sektor pariwisata, hotel, restoran, transportasi, karena dulu ada tes PCR, macam-macam, ya. Sekarang (kondisi) semuanya sudah lebih baik,” ungkap Tito dalam sambutannya, yang juga disiarkan secara virtual.

Ia mendorong pemerintah daerah bersinergi dengan pelbagai pihak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional. Penguatan koordinasi merupakan kunci terwujudnya inovasi.

“Oleh karena itu, pada rapat koordinasi kali ini, penekanan kita kepada daerah, segera manfaatkan peluang dengan terkendalinya pandemi COVID-19 untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah masing-masing. Dengan cara mencari peluang untuk meningkatkan pendapatan, begitu pendapatan sulit diperoleh, segera belanjakan agar uang beredar, ekonomi bergerak,” jelas Tito.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0