in ,

Jokowi: Menkeu Lapor Penerimaan Perpajakan Baik Semua

Jokowi: Laporan Menkeu, Penerimaan Perpajakan Baik Semua
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku menerima laporan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengenai kinerja penerimaan perpajakan tahun 2021 yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Penerimaan perpajakan itu, meliputi realisasi pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), bea dan cukai.

“Tadi Ibu Menkeu lapor penerimaan perpajakan kepada saya terkait capaian pajak yang sangat baik. Capaian dari pajak sangat baik, bea dan cukai juga sangat baik, PNBP juga sudah lebih dari 100 persen. Ini baik semua. Tumbuh 18,2 persen (pendapatan negara) secara yoy (year on year) angka yang sangat besar sekali. Tapi sekali lagi, ketidakpastian selalu mengintip, hati-hati. Kita tetap optimistis, tapi tetap harus hati-hati,” kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) Tahun 2021, di Grand Ballroom Hotel Fairmont, yang juga disiarkan secara virtual, pada (24/11).

Baca Juga  Menkop UKM: Kontribusi Pajak UMKM Masih Rendah

Berdasarkan laporan kementerian keuangan, hingga Oktober 2021, pendapatan negara sebesar Rp 1.510 triliun atau tumbuh 18,2 persen. Realisasi ini telah mencapai 86,6 persen dari target Rp 1.743,6 triliun.

Pendapatan itu terdiri dari penerimaan pajak mencapai Rp 953,6 triliun atau tumbuh 15,3 persen. Realisasi itu capai 77,6 persen terhadap target Rp 1.229,59 triliun. Kemudian, realisasi penerimaan bea dan cukai mencapai Rp 205,8 triliun atau 96 persen dari target Rp 215,0 triliun. Untuk PNBP, realisasi penerimaannya sudah mencapai Rp 349,2 triliun atau 117 persen dari target Rp 298,2 triliun.

Jokowi mengatakan, indikator pemulihan ekonomi nasional mulai terlihat. Indeks keyakinan konsumen (IKK) sudah kembali pada posisi normal dan purchasing managers’ index (PMI) manufaktur tercatat di angka 57,2 persen. Kinerja PMI itu bahkan lebih tinggi dari sebelum pandemi, yaitu 51 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0