in ,

DJP Optimalkan Pengawasan Pajak di Beberapa Sektor

DJP Optimalkan Pengawasan Pajak di Beberapa Sektor
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan mengoptimalkan pengawasan pajak sektor-sektor yang tengah meroket, seperti pertambangan, pengolahan, dan perdagangan. Hal ini demi mencapai target penerimaan pajak sebesar Rp 1.229,6 triliun.

“Sektor yang membukukan catatan yang bagus di kuartal ini khususnya terkait pertambangan, pengolahan, perdagangan—uji kepatuhan material tetap kami (DJP) lakukan, kami optimalkan pengawasan pembayaran pajaknya. Petugas pajak mulai memeriksa data laporan dan pembayaran dari Wajib Pajak, dilakukan uji kepatuhan, memastikan seluruh Wajib Pajak tersebut sudah menjalankan kewajibannya,” jelas Dirjen Pajak Suryo Utomo dalam konferensi pers bertajuk APBN Kinerja dan Fakta (KiTa), pada (25/10).

Seperti diketahui, sektor pertambangan kini tengah bertumbuh karena harga batu bara melesat hingga 185,71 persen sejak akhir 2020. Kenaikan harga itu tentu membuat laba perusahaan semakin tinggi, sehingga kontribusi pajak akan mengikuti.

Baca Juga  Bertemu Jokowi, Pengusaha Minta Tambahan Insentif Pajak

Dengan demikian, Suryo berharap, pertumbuhan di sektor itu dapat mendorong realisasi target penerimaan pajak pada tahun 2021 sebesar Rp 1.229,6 triliun. Sampai akhir September 2021, realisasinya mencapai Rp 850,1 triliun atau 69,1 persen dari target.

“Jadi harapan sampai akhir tahun 2021 mendekati capai target ditetapkan. Kalau kita lihat penerimaan pajak (periode Januari-September) mengalami growth 13,2 persen. Secara umum, penerimaan terus menunjukkan pertumbuhan positif karena pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut, harga komoditas semakin membaik,” kata Suryo.

Hal senada juga dipertegas oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ia mengatakan, perbaikan penerimaan pajak dipengaruhi oleh sektor-sektor yang cemerlang di periode Januari-September 2021.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0