in ,

DJP: 3,2 Juta Wajib Pajak Sudah Laporkan SPT Tahunan

DJP: 3,2 Juta Wajib Pajak Sudah Laporkan SPT Tahunan
FOTO: Dok. DJP

Pajak.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengimbau Wajib Pajak (WP) untuk segera menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Hingga 22 Februari 2022, sudah sekitar 3,2 juta WP, baik orang pribadi (OP) maupun badan yang telah melaporkan SPT Tahunan 2021.

Sekadar mengingatkan, SPT merupakan surat yang digunakan WP untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

“Sebanyak 3,1 juta SPT Tahunan disampaikan Wajib Pajak orang pribadi (OP) hampir sebanyak 100 ribu Wajib Pajak badan melaporkan SPT Tahunannya. Untuk mengoptimalkan, kami terus dorong penyampaian SPT lebih awal waktu. PPh (pajak penghasilan) badan di April, PPh OP juga kami harapkan akan lebih cepat,” kata Suryo dalam Konferensi Pers APBN Kinerja dan Fakta (KiTa), (22/2).

Baca Juga  Kinerja Penerimaan Pajak Positif Tanda Ekonomi Membaik

Ia menjelaskan, dalam Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) mengatur, batas akhir penyampaian SPT Tahunan WP OP paling lambat 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak atau Maret 2022. Sedangkan untuk SPT Tahunan WP badan, pelaporannya dilakukan paling lambat 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak atau April 2022.

“Kami akan terus mendorong agar pelaporan SPT lebih awal waktu, salah satunya dengan mengirimkan email blast untuk mengingatkan, paling tidak kalau seandainya memasukkan SPT lebih awal. DJP juga melakukan sejumlah kampanye, program edukasi, dan membuat kelas pajak di hampir seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Indonesia,” kata Suryo.

Selain itu, ia melaporkan, jumlah penerimaan negara yang diperoleh melalui Program Pengungkapan Sukarela (PPS) atau tax amnesty jilid II telah mencapai sebesar Rp 1,9 triliun per 22 Februari 2022. Angka itu didapat dari deklarasi harta bersih sebesar Rp 18,4 triliun yang dilakukan oleh 16.160 WP.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *