in ,

Dirjen Pajak Sampaikan Kinerja di Peringatan Hari Pajak

Dirjen Pajak Sampaikan Kinerja Reformasi Perpajakan di Peringatan Hari Pajak
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bersamaan dengan peringatan Hari Pajak tahun 2021, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo meluncurkan secara resmi Buku Cerita di Balik Reformasi Perpajakan, yang memuat kisah-kisah menarik di balik proses Reformasi Perpajakan.

“Dengan slogan reformasi adalah keniscayaan, perubahan adalah kebutuhan; buku ini merekam perjalanan Reformasi Perpajakan Jilid III (2016-2020). Sejak mulai adanya amnesti pajak, pembentukan Tim Reformasi Perpajakan, sampai pembentukan Tim Pelaksana Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP),” ungkap Suryo melalui video conference, Rabu (14/7).

Ia mengatakan, reformasi menandakan perubahan—dalam konteks perpajakan dilihat dari sisi administrasi, pelayanan, dan proses bisnis. Dengan beragam perubahan yang dilakukan dan dirangkum DJP dalam buku tersebut, terutama dengan pelayanan yang lebih baik dan bisa menurunkan biaya kepatuhan, Suryo berharap kepatuhan Wajib Pajak lebih meningkat.

Baca Juga  Pengenaan Pajak atas Transaksi E-Commerce dan UMKM

Di kesempatan peringatan Hari Pajak, ia juga menyampaikan kinerja DJP selama setahun terakhir yang dilakukan dalam kerangka reformasi perpajakan. Di antaranya realisasi insentif pajak, penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE), perubahan struktur organisasi vertikal, serta pembentukan Tim PSIAP.

“Realisasi insentif pajak hingga bulan Juni 2021 telah mencapai Rp 106,62 triliun. Insentif ini diberikan oleh pemerintah secara bertahap sejak bulan April 2020 yang terdiri dari insentif pajak untuk dunia usaha, sektor kesehatan, industri automotif, serta sektor properti. Insentif pajak yang diberikan oleh pemerintah merupakan bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0