in ,

OSS RBA Untuk Pertumbuhan UMKM dan Investasi

OSS RBA Untuk Pertumbuhan UMKM dan Investasi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid, optimis Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach (RBA) mampu merangsang pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan investasi di tanah air. Sistem yang diluncurkan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini menawarkan beragam manfaat, utamanya kemudahan perizinan dan kepastian hukum.

“KADIN Indonesia berperan, bekerja sama secara strategis dengan kementerian investasi dan BKPM untuk menciptakan lebih banyak UMKM. Kemudahan perizinan ini bisa merangsang pertumbuhan UMKM baru di tengah pandemi. Karena kita punya dua perang sekarang ini, perang melawan pandemi dan ekonomi. Kita harus tetap berkompetisi untuk merangsang pertumbuhan UMKM dan juga bagaimana kita mendapatkan investasi, “jelas Arsjad dalam webinar bertajuk Urus Izin Tanpa Ribet, pada Kamis (12/8).

Baca Juga  “Tax Amnesty” Jilid II Segera Dibahas DPR dan Pemerintah

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk ini menilai, sangat penting pemerintah memberi kemudahan perizinan untuk UMKM. Pasalnya, UMKM memiliki kontribusi sebesar 60 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Artinya, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, sehingga harus dikuatkan dan ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya.

“UMKM itu di setiap negara adalah fondasi, jadi kalau UMKM kuat maka ekonomi di negara tersebut juga kuat. Jadi recovery ekonomi saat ini akan terbantu dengan tumbuhnya UMKM baru,” kata Arsjad.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings