in ,

Pengembangan Potensi UMKM yang Berkesinambungan

Pengembangan Potensi UMKM yang Berkesinambungan
FOTO: IST

Pajak.com, JakartaWakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, diperlukan kerja sama antar stakeholders terkait sehingga dapat tercipta pengembangan ekosistem UMKM yang berkesinambungan, terlebih untuk mengembangkan potensi UMKM kedepannya.

Menurutnya, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah terbukti menjadi faktor pendorong dalam pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di masa pandemi COVID-19. Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) pada tahun 2020 mencatat, UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61 persen dan mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja.

“Berbagai kegiatan dan upaya yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama pihak perbankan dan asosiasi juga patut kita apresiasi. Kegiatan ini harus menjadi jembatan bagi pemerintah dan pelaku UMKM serta stakeholders lainnya untuk menciptakan pengembangan ekosistem UMKM yang berkesinambungan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/08).

Baca Juga  Menkeu: Tiga Sektor Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, pengembangan potensi ini dapat dilakukan salah satunya dengan mempercepat digitalisasi UMKM. Akan tetapi, ia mengingatkan bahwa digitalisasi juga harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas para pelaku usaha dan kebijakan terkait.

“Di era disrupsi ini, digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi. Namun, digitalisasi UMKM ini harus diimbangi dengan dua persyaratan, yaitu peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM,” tambahnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *