in ,

Sinergi 4 Perusahaan Bangun Kendaraan Listrik Indonesia

Sinergi 4 Perusahaan Bangun Kendaraan Listrik Indonesia
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn), Gogoro Inc, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk menandatangani komitmen kerja sama untuk membangun ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia dengan nilai total investasi mencapai 8 miliar dollar AS atau setara Rp 114 triliun. Melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tersebut, keempat perusahaan ini menjajaki kerja sama investasi ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang komprehensif di tanah air, mulai dari pembuatan baterai listrik termasuk sel baterai, modul baterai, dan baterai); pengembangan industri kendaraan listrik roda empat, roda dua, dan bus listrik.

Selain itu, dilakukan pula MoU kerja sama build-operate-localize (BOL) yang diteken oleh menteri investasi/kepala badan koordinasi penanaman modal (BKPM) disaksikan oleh menteri badan usaha milik negara (BUMN).

Baca Juga  BKPM dan Pemda Jatim Susun Penerapan UU Cipta Kerja

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari pertemuan di Taiwan pada Oktober 2021. Kala itu, Foxconn dan Gogoro berminat untuk mengembangkan industri baterai dan kendaraan listrik di Indonesia. Lingkup kerja sama juga mencakup pengembangan industri penunjang EV yang meliputi, energy storage system (ESS), battery exchange/swap station, baterai daur ulang, serta riset dan pengembangan di bidang baterai elektrik.

“Hari ini kita memasuki era baru. Pemerintah Indonesia secara sungguh-sungguh akan mengawal rencana investasi ini dengan mitra BUMN maupun pengusaha nasional di Indonesia. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo periode kedua, Indonesia sangat fokus mendorong investasi berkelanjutan terutama mengedepankan green energy dan green industry,” kata Bahlil dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, Sabtu (22/1).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *