in ,

OJK Beri Izin Investor Lokal untuk Akuisisi Bank Kecil

OJK Beri Izin Investor Lokal untuk Akuisisi Bank Kecil
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, jumlah perbankan Indonesia yang harus melakukan penambahan modal untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum Rp 3 triliun pada 2022 masih banyak. Saat ini, sebagian besar pola penambahan modal yang dilakukan oleh bank-bank kecil terutama yang semula masih Buku I adalah dengan mendatangkan investor strategis, bahkan melakukan konsolidasi strategis dengan bank-bank lokal besar. Untuk itu, OJK akan memprioritaskan memberi izin kepada investor lokal dalam mengambil alih bank-bank kecil, terutama bank yang punya kinerja bagus.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III OJK Slamet Edy Purnomo mengatakan, OJK tak ingin bank-bank kecil yang bagus di tanah air diberikan ke investor asing. “Harus ada kerja bakti dululah kalau asing mau ambil,” tegas Slamet Edi dalam webinar Arah Bisnis 2022, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga  Lima Dukungan BNI Dorong UMKM “Go Global”

Sebagai informasi, Kredivo sebelumnya juga sudah mencaplok 40 persen saham PT Bank Bisnis Indonesia Tbk. Ada juga platform pendanaan saham dan reksa dana Ajaib  (PT Takjub Finansial Teknologi) yang mengakuisisi 24 persen saham PT Bank Bumi Arta Tbk. Seperti dikatehui, Ajaib didirikan oleh Anderson Sumarli bersama dengan Yada Piyajomkwan asal Thailand.

Selain Ajaib, Emtek Group saat ini masih dalam proses menyelesaikan akuisisi 93 persen saham PT Bank Fama Internasional. Ada pula bank yang memilih melakukan mekanisme penghimpunan dana di pasar modal untuk memenuhi aturan permodalan OJK. Karenanya, OJK memilih untuk ketat dalam memberikan perizinan.

“Kalau mau fund rising di pasar modal, kami akan melihat arah bisnis ke depannya seperti apa. Kami akan mewaspadai bank-bank yang nantinya tidak punya ekosistem, pertumbuhan ke depannya tidak akan sustain. Kita harus hati-hati karena kalau tidak sustain bisa bahaya,” kata jelas Slamet.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0