in ,

Menves Optimistis Investasi Capai Target Rp 1.200 T

Menves Optimistis Investasi
FOTO IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Investasi (Menves)/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tetap optimistis dapat meraih target investasi sebesar Rp 1.200 triliun di tahun 2022, meskipun konflik Rusia-Ukraina masih terus berlanjut.

“Dalam pandangan kami, terkait sektor investasi, di luar sektor keuangan dan hulu migas, untuk tahun ini kami masih tetap optimistis untuk mencapai target Rp 1.200 triliun karena Rusia dan Ukraina bukan negara investor di Indonesia yang masuk 10 besar,” jelas Bahlil dalam konferensi pers virtual, (25/4).

Kendati demikian, ia mengakui, konflik Rusia dan Ukraina berpotensi memberi dampak besar dari sisi inflasi dan perdagangan, terlebih karena ketergantungan Indonesia pada beberapa bahan pokok tertentu. Seperti diketahui, Rusia adalah pengekspor minyak terbesar dunia, Indonesia pun masih bergantung pada impor gandum dari Ukraina. Kedua negara itu juga merupakan pemasok bahan baku pupuk di Indonesia.

Baca Juga  Ajaib Jadi Unicorn Fintech Pertama di Asia Tenggara

“Kalau harga pupuk melonjak karena bahan bakunya naik, itu akan berdampak pada harga pokok produksi petani. Ujung-ujungnya harga komoditas yang dihasilkan petani akan naik. Maka terjadi inflasi. Inilah yang harus kita sama-sama pikirkan,” ungkap Bahlil.

Oleh karena itu, menurutnya, sudah tepat bila saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar mendorong investasi di sektor makanan.

“Kenapa? Karena negara yang akan memenangkan daya tahan dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan perang Ukraina dan Rusia adalah yang punya kekuatan di oil and gas, serta pangan,” kata Bahlil.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings