in ,

Jokowi Tawarkan Inggris Investasi Kendaraan Listik

Jokowi Tawarkan Inggris Investasi
FOTO: Setkab RI 

Jokowi Tawarkan Inggris Investasi Kendaraan Listik

Pajak.com, Jepang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak, di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, (20/5). Dalam pertemuan itu, Jokowi tawarkan Inggris untuk memperluas kerja sama investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pengembangan kendaraan listrik.

“Indonesia mengapresiasi realisasi proyek energi surya di Sumba dan energi Hydro di Lombok, Bali, dan Sumatera Barat, serta hibah Inggris sebesar kurang lebih 11 juta dollar AS untuk transportasi berkelanjutan di beberapa kota Indonesia. Saya harap bisa diperluas ke kota lain, termasuk IKN Nusantara,” ungkap Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com

Indonesia berharap realisasi komitmen Inggris dalam program Just Energy Transition Partnership, meliputi pengembangan ekosistem kendaraan listrik, termasuk pasokan sel baterai dan pembangunan micro factory electric vehicle, transportasi, energi hijau, dan pendidikan.

Baca Juga  Pilihan Instrumen Investasi yang Diproyeksi Tangguh di Tengah Gejolak Ekonomi

Selain itu, terkait kerja sama perdagangan kedua negara, Jokowi menegaskan bahwa kebijakan diskriminatif harus dihindari. Indonesia berharap kebijakan due diligence untuk produk pertanian dan kehutanan tidak diskriminasi terhadap komoditas utama Indonesia.

“Sedangkan terkait ASEAN, bahwa pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang lalu para pemimpin mendukung penuh upaya Indonesia melakukan engagements dengan semua pemangku kepentingan. Indonesia dalam memfasilitasi AHA (ASEAN Coordinating Center for Humanitarian Assistance on Disaster Management) Centre, sehingga joint needs assessment dapat terselesaikan. Lalu, 5PC (five points of consensus) akan tetap jadi referensi utama dalam penyelesaian konflik Myanmar dan AHA Center tengah bekerja untuk salurkan bantuan kemanusiaan. Ini butuh dukungan internasional, termasuk Inggris,” ungkap Jokowi.

Sunak mengapresiasi hubungan bilateral maupun investasi yang telah terbina antara Inggris dan Indonesia. Ia pun menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi atas kepemimpinan Indonesia di G20 dan KTT ASEAN.

Baca Juga  Sri Mulyani Apresiasi Komitmen Investasi IFC 9,6 Miliar dollar AS

“Indonesia berhasil menjalankan presidensi G20 dengan baik,” tambah Sunak.

Turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan kali ini adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono, Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto.

Sejatinya, Indonesia dan Inggris telah menyepakati roadmap kemitraan Indonesia dan Inggris 2022-2024 pada pertemuan bilateral antara menlu Indonesia dengan menlu Inggris, di London, pada 19 April 2022 lalu.

Roadmap kemitraan Indonesia dan Inggris menjadi dokumen strategis, memberikan panduan kerja sama penguatan kemitraan bilateral yang saling menguntungkan. Roadmap ini memuat program kerja sama strategis di bidang ekonomi, politik, keamanan, dan lingkungan hidup. Indonesia dan Inggris sepakat menghapuskan praktik perdagangan diskriminatif melalui penjajakan pembuatan mutual recognition untuk standardisasi dan sertifikasi,” ungkap Retno.

Baca Juga  Moody’s: Indonesia Negara Layak Tujuan Investasi

Kemudian, roadmap kemitraan Indonesia dan Inggris pun mencakup kerja sama transisi energi, kesehatan, mendukung Indonesia sebagai bagian rantai pasok industri global, serta penguatan kerja sama regional dan global.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *