in ,

Elon Musk Ingin Bangun Landasan SpaceX di Ibu Kota Baru

Suharso mengungkapkan, rencana peluncuran pesawat berkecepatan tinggi itu tidak lepas dari perkembangan teknologi yang memengaruhi rencana induk (masterplan) pembangunan IKN.

“Fiber optic infrastructure tidak bisa hanya berbasis pada era 4.0 atau 5.0. Ke depan, basisnya akan makin meninggi menjadi era 6.0 hingga 7.0. Jadi masterplan dengan demikian yang sifatnya rujukan teknis dan teramat teknis, itu kami lepaskan dari masterplan. Mereka melihat kekayaan khatulistiwa salah satunya adalah untuk peluncuran-peluncuran itu. Dan itu tidak bisa secara detail dan rinci mengenai itu,” tambahnya.

Sebenarnya, kabar rencana SpaceX investasi ke Indonesia sempat ramai diperbincangkan di awal tahun 2021. Hal itu bermula saat Presiden Joko Widodo melakukan pembicaraan dengan CEO Tesla yang juga pendiri Space X, Elon Musk melalui sambungan telepon di akhir 2020. Keduanya bukan hanya membicarakan terkait potensi investasi Tesla untuk membangun industri baterai dan mobil listrik, melainkan juga penawaran pengembangan industri penerbangan antariksa.

Baca Juga  Optimalkan Peran Bank Syariah Melalui SDM Unggul

Sementara itu, pemerintah dan DPR kini tengah melakukan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara. Jika sesuai rencana, pemindahan IKN baru akan mulai dilakukan pada tahun 2024.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0