in ,

Elon Musk Ingin Bangun Landasan SpaceX di Ibu Kota Baru

Elon Musk Ingin Bangun Landasan SpaceX di Ibu Kota Baru
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkap, Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, ingin membangun landasan untuk pesawat supercepat di lokasi ibu kota negara (IKN) baru Indonesia, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Ketertarikan Elon Musk dikarenakan lokasi IKN baru Indonesia itu cukup strategis. Berdasarkan rencana, wilayah pengelolaan IKN di Kaltim memiliki luas 256.142 hektar—tiga kali luas Ibu Kota DKI Jakarta.

“Saya tidak tahu mungkin ketua pansus (panitia khusus) juga sudah datang ke SpaceX di Los Angeles, di sana mereka meminta Indonesia salah satu titiknya itu di ibu kota baru, selain Biak, untuk (membangun) tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa,” kata Suharso dalam Rapat Kerja dengan Pansus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara di Gedung DPR, yang juga disiarkan secara virtual, (13/1)

Baca Juga  IHSG Alami Penurunan 2,78 persen di Periode 17-21 Mei

Bappenas menilai, kehadiran proyek pesawat supercepat itu akan menguntungkan bagi Indonesia, Amerika Serikat (AS), maupun negara lain karena bisa menghemat waktu tempuh jika dibandingkan dengan pesawat yang ada saat ini. Suharso menyebut, dengan pesawat supercepat milik SpaceX, penerbangan dari Indonesia ke AS kemungkinan hanya menempuh waktu sekitar 1,5 hinga 2 jam.

“Dan dari situ akan muncul bandara yang kemudian membawanya ke Singapura, daerah Asia lainya, dan Australia. Perusahaan Elon Musk itu melihat potensi besar yang dimiliki Indonesia, yakni memiliki lokasi yang strategis sebagai lokasi landasan penerbangan,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0