in ,

Bappenas: Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru

Bappenas: Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan, Nusantara menjadi nama ibu kota negara (IKN) baru yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ia mengatakan, Nusantara merupakan nama yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menerima pelbagai masukan nama dari para ahli.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dari Bapak Presiden Jokowi pada hari Jumat, 14 Januari 2022 dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara. Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan iconic di Internasional, mudah, dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia. Dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” kata Suharso dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), di Kompleks Parlemen, yang juga disiarkan secara virtual, Senin (17/1).

Baca Juga  Kemenperin Selenggarakan Program Pendidikan D1

Ia memastikan, pemerintah telah memanggil ahli bahasa, ahli sejarah, dan sejumlah pakar lainnya untuk pemilihan nama IKN baru ini. Mereka mengajukan lebih dari 80 nama kepada Jokowi. Hingga akhirnya, berdasarkan penilaian dan pelbagai pertimbangan, Nusantara pun dipilih menjadi nama IKN baru.

“Nama-nama yang sempat diajukan kepada Presiden Jokowi untuk dipilih menjadi nama IKN baru, antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Warna Pura, Cakrawala Pura, hingga Kertanegara. Mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami. Para pakar itu memilih kata-kata yang paling tepat dan ini begitu besar sekali (perannya),” kata Suharso.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panja RUU IKN Ahmad Doli Kurnia meminta pemerintah menyiapkan penjelasan dari penamaan Nusantara secara lebih komprehensif.  Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk menambah pengetahuan masyarakat, meskipun Panja RUU IKN telah menyepakati penamaan itu.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0