in ,

Wapres Luncurkan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil dan Anak-anak

Wapres Luncurkan Vaksinasi Bagi Ibu Hamil dan Anak-anak
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Pemerintah secara resmi meluncurkan program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, serta anak usia 12-18 tahun bertepatan dengan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2021, Selasa (29/6). Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyambut baik dimulainya program vaksinasi untuk ketiga kelompok yang sangat rentan terhadap pandemi Covid-19 tersebut.

Di sisi lain, vaksinasi merupakan salah satu terobosan (game changer) dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19 yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah. Apalagi, Presiden RI Joko Widodo telah menargetkan pemberian vaksinasi menjadi dua juta dosis per hari pada Agustus mendatang.

“Dengan makin banyak vaksin yang tersedia, pemerintah hari-hari ini sedang gencar-gencarnya menggenjot pelaksanaan vaksinasi agar sasaran yang ditetapkan oleh Bapak Presiden sebesar 1-2 juta vaksinasi per hari dapat tercapai,” kata Ma’ruf.

Baca Juga  Menparekraf: Keberhasilan Pariwisata Berkelanjutan di AS

Ia pun mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan didukung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam waktu singkat dapat mengeluarkan rekomendasi pemakaian vaksin Sinovac untuk digunakan pada anak usia 12-18 tahun.

“Keputusan ini sangat tepat mengingat mortalitas penderita Covid-19 usia 10-18 tahun cukup tinggi yaitu 30 persen,” tuturnya.

Ma’ruf menyebut, selain pemberian rekomendasi untuk anak, rekomendasi vaksinasi untuk ibu hamil juga telah diberikan oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

“POGI telah memberikan rekomendasi pemberian vaksin kepada ibu hamil, terutama ibu hamil berisiko tinggi yaitu usia di atas 35 tahun, memiliki BMI (body mass index) di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi, serta tenaga kesehatan yang sedang hamil. Walaupun masih menunggu rekomendasi dari Badan POM,” ujarnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0