in ,

UMKM Bisa Peroleh NIB Lewat Aplikasi DANA, Ini Caranya

“Sejalan dengan semangat inovasi yang kami usung, kerja sama dengan BKPM merupakan wujud nyata kami dalam menghadirkan solusi untuk pemenuhan kebutuhan harian masyarakat di era digital, tidak terkecuali UMKM. Sinergi ini merupakan manifestasi upaya kami dalam memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM, khususnya kepada lebih dari 500 ribu UMKM yang berada dalam binaan DANA. Kami harap nantinya UMKM dapat menikmati berbagai pengajuan berbagai kemudahan yang dapat menjadikan UMKM lebih maju dan berperan maksimal sebagai salah satu pilar ekonomi baru,” ujar Vince.

Selama ini demi mendukung kemajuan UMKM, DANA juga memiliki fitur ‘DANA Bisnis’ yang memudahkan UMKM berbisnis secara digital melalui verifikasi yang mudah, aman, dan cepat. UMKM juga dapat mempermudah transaksi melalui fitur QRIS yang dapat membantu mereka menikmati lonjakan transaksi hingga 35 persen. Adanya fitur ‘Katalog Produk’ dalam ‘DANA Bisnis’ juga memungkinkan pelaku usaha memajang daftar barang usahanya secara digital dan membagikannya ke calon pembeli.

Baca Juga  Cara Membuat Sertifikat Tanah di BPN
Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Ini cara memperoleh NIB melalui aplikasi DANA bagi UMKM:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Masuk ke ‘DANA Bisnis’ melalui menu ‘Saya’.
  3. Tekan kolom bertajuk “Daftar Izin Usaha” di menu ‘DANA Bisnis’.

    Lalu, isi data pelaku usaha jika belum terdaftar, tekan ‘Cek Info Lengkapnya’.

  4. Pilih ‘Ajukan Perizinan Usaha Mikro dan Kecil’.
  5. Ikuti proses pendaftaran OSS.

    Pelaku usaha harus mengisi data merchant usaha dan menyertakan dokumen yang diperlukan, diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Berdasarkan catatan Kemenves/BKPM, sejak diresmikan sejak 9 Agustus 2021 oleh Presiden Joko Widodo, penerbitan NIB melalui OSS terus mengalami peningkatan. Hingga 31 Maret 2022, perizinan berusaha yang diterbitkan untuk UMKM mencapai hampir 98 persen dari total NIB. Dari total 1.043.323 NIB yang diterbitkan, sebanyak 966.489 NIB dikeluarkan untuk usaha mikro dan 54.925 NIB untuk usaha kecil.

Baca Juga  Amartha dan CELIOS Luncurkan Fintech Media Toolkit

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *