in ,

UMi Diharapkan Mampu Akselerasi Inklusi Keuangan

Menurut Benny, permasalahan utama yang dihadapi pelaku usaha UMi dalam pengembangan usaha adalah akses terhadap penyaluran pembiayaan dan pembinaan. Persoalan tersebut dapat diatasi melalui sinergi antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM melalui holding dengan mengintegrasikan pengolahan data berbasis AI. Sebab, ketiga perusahaan pelat merah itu sudah hadir dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dengan data yang sudah mumpuni. Selain itu, BRI sebagai induk holding memiliki fundamental keuangan yang kuat dan bisa memberikan kucuran modal untuk menyediakan teknologi berbasis AI tersebut.

Benny menilai, di ranah pelaku usaha UMi, isu penyaluran pembiayaan tidak bergantung pada suku bunga. Pelaku usaha segmen bawah cenderung mampu menanggung suku bunga tinggi, asalkan akses pembiayaan dapat dilakukan cepat tanpa persyaratan yang memberatkan. Ia mencontohkan, saat ini masih banyak lembaga keuangan formal mensyaratkan agunan agar pembiayaan bisa diperoleh. Padahal, agunan yang diberikan cenderung lebih besar dari ticket size pinjaman.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

Benny meyakini, melalui sinergi ketiga perusahaan pelat merah itu, holding akan mampu menyediakan aplikasi sederhana berbasis AI yang dapat membantu pembukuan secara digital untuk mengetahui kualitas kinerja pelaku usaha UMi. Sehingga kewajiban agunan dapat diubah ke penjaminan tagihan yang terdata dan dapat dilacak dengan mudah oleh anggota holding melalui sistem berbasis AI. Cara ini dinilai akan mampu menyajikan transparansi yang kuat.

“Pemanfaatan AI hanya sebagai pelengkap penguatan integrasi data. Dalam praktiknya, diharapkan jejaring atau agen-agen holding UMi di tataran bawah harus tetap mengedepankan fungsi pemberdayaan dan pendampingan yang lebih intensif di lapangan,” kata Benny.

Ditulis oleh

Baca Juga  BI Siapkan Rp 197 T untuk Penukaran Selama Ramadan dan Idulfitri

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *