in ,

Integrasi Ekosistem Ultramikro UMKM (UMi-UMKM)

Pegadaian Integrasi Ekosistem Ultramikro UMKM (UMi-UMKM)
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) atau Pegadaian Kuswiyoto menyatakan, Pegadaian siap menyukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional melalui integrasi ekosistem ultramikro UMKM (UMi-UMKM) yang melibatkan tiga entitas BUMN yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Pegadaian, dan PT Pemodalan Nasional Madani (Persero).

Kuswiyoto meyakini, upaya akselerasi laju pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan ini akan mendorong Pegadaian untuk menjadi lebih siap dan kuat dalam menghadapi tantangan lembaga keuangan di masa yang akan datang, baik dari sisi kompetisi maupun digitalisasi bisnis. Selain itu, hal ini juga sangat bermanfaat dalam membantu pelaku usaha UMi-UMKM untuk maju dan berkembang.

“Pembentukan ekosistem ultramikro ini bertujuan untuk memperkuat dukungan dan memberikan kemudahan bagi 63 juta pengusaha UMi-UMKM di Indonesia untuk dapat pulih dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi, dan berkesempatan untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan mendapatkan akses pendanaan yang lebih mudah,” ucap Kuswiyoto melalui keterangan resmi yang diterima Pajak.com, Kamis (17/6).

Baca Juga  Pengangguran-Kemiskinan Diprediksi Meningkat Tahun Ini

Saat ini, lanjut Kuswiyoto, masyarakat khususnya pelaku usaha UMi-UMKM menghadapi kesulitan dalam mengembangkan usaha baik dari sisi pendanaan, pengembangan maupun pemasaran sehingga memerlukan pendampingan.

Oleh karena itu, melalui integrasi ekosistem UMi-UMKM ini diharapkan berbagai masalah yang dihadapi dapat diberikan solusi secara berkesinambungan dalam satu atap, untuk mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi pelaku usaha UMi-UMKM maupun ketiga perusahaan BUMN.