in ,

Bank Dunia: Ekonomi Kawasan Asia Tumbuh 7,7 Persen

Bank Dunia Ekonomi Negara Kawasan Asia Tumbuh 7,7 Persen
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Country Director Bank Dunia  (World Bank) untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen mengatakan, proyeksi pertumbuhan ekonomi di negara-negara kawasan Asia menguat menjadi 7,7 persen pada tahun 2021. Namun demikian, pemulihan ekonomi di berbagai negara tidak merata di tengah akses vaksin Covid-19 yang berbeda-beda tiap negara.

Menurut Kahkonen, pertumbuhan itu didukung oleh pemulihan yang kuat di Cina. Di sisi lain, pemulihan ekonomi tajam terjadi di beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS), karena adanya dukungan fiskal yang besar. Secara keseluruhan, ekonomi dunia diprediksi tumbuh 5,6 persen pada tahun 2021, sebuah laju pascaresesi tercepat dalam 80 tahun terakhir.

Baca Juga  KADIN Bangun Sentra Vaksinasi di Spark Mall

“Pertumbuhan ekonomi secara regional telah bangkit kembali dari tahun 2020, tapi kecepatannya berbeda antar negara,” kata Kahkonen dalam konferensi virtual Global Economic Prospects, Kamis (17/6/2021).

Kahkonen juga menyampaikan proyeksi Bank Dunia di beberapa negara Asia. Proyeksi ini didasarkan dari faktor domestik dan faktor pendukung lainnya di negara tersebut. Cina, misalnya, Bank Dunia menilai, negeri Tirai Bambu itu meningkat jadi 8,5 persen tahun ini. Pertumbuhan itu didukung oleh ekspor yang kuat dan permintaan bantuan di tengah pengendalian wabah. Sementara pada tahun 2022 mendatang, ekonomi Cina diproyeksi tumbuh moderat menjadi 5,4 persen. Hal ini karena berkurangnya dukungan fiskal dan moneter yang lebih ketat.

Baca Juga  Jokowi Berharap Bandara Soedirman Tingkatkan Ekonomi

Menurut Kahkonen, output di beberapa negara kawasan akan tetap di bawah tingkat prapandemi karena beban Covid-19 tetap tinggi hingga tahun 2022. Pemulihannya akan bergantung pada kemampuan ekonomi regional berkomitmen memenuhi ketersediaan vaksin.