in ,

Bank Dunia Koreksi Proyeksi Ekonomi RI 2021 3,7 Persen

Bank Dunia Koreksi Proyeksi Ekonomi RI 2021 Jadi 3,7 Persen
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Bank Dunia mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 menjadi 3,7 persen yoy. Proyeksi ini lebih rendah 0,7 persen dibandingkan angka yang diumumkan Bank Dunia pada April lalu sebesar 4,4 persen yoy.

Kepala Ekonom Bank Dunia Kawasan Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo mengatakan, koreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia disebabkan setelah melihat tren kenaikan kasus COVID-19 yang disebabkan oleh varian Delta pada akhir kuartal kedua tahun 2021.

Peningkatan kasus yang cukup signifikan itu membuat pemerintah menarik rem darurat, berupa kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan dilanjutkan dengan PPKM Level 2-4. Rem darurat juga diterapkan oleh beberapa negara Asia lainnya saat menghadapi tingginya kasus COVID-19 varian Delta.

Baca Juga  Tunggakan Insentif Tenaga Kesehatan Segera Cair

Bank Dunia menilai kebijakan sejumlah negara ini menyebabkan banyak rumah tangga telah menderita—terutama yang lebih miskin—yang lebih mungkin kehilangan pendapatan, menderita kerawanan pangan yang lebih besar, jumlah anak-anak yang tidak terlibat dalam pendidikan meningkat, dan membuat penjualan aset menjadi sulit.

“Meningkatnya stunting, pengikisan keterampilan manusia (human capital), dan hilangnya aset produktif juga akan merugikan pendapatan rumah tangga ini di masa depan. Meningkatnya ketidaksetaraan yang terjadi di antarperusahaan juga dapat meningkatkan ketimpangan ekonomi antar pekerja,” kata Mattoo dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (30/9).

Kesenjangan berusaha terjadi karena kegagalan sebagian perusahaan untuk bertahan dan mengarah pada hilangnya aset tak berwujud yang berharga, sementara perusahaan yang bertahan menunda investasi produktif.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *