in ,

Rencana GoTo Kembangkan Ekosistem Digital UMKM

Rencana GoTo Kembangkan Ekosistem Digital UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – GoTo (Gojek dan Tokopedia) berencana fokus mengembangkan ekosistem digital yang terintegrasi, mulai dari sektor perdagangan, logistik, hingga keuangan atau pembiayaan, untuk itu GoTo akan terus mengajak usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk masuk dalam ekosistem ini.

“Dengan adanya digitalisasi, kami melihat adanya kesempatan besar terhadap UMKM. Selama pandemi saja ada 4 juta UMKM baru yang teregistrasi di platform kami. Mereka mungkin tadinya bekerja di industri tapi kena PHK (pemutusan hubungan kerja). Sekarang mereka malah bisa membuka lapangan pekerjaan. GoTo akan terus mengembangkan ekosistem digital bersama mereka (UMKM) atau yang kita sebut sebagai micropreneur,” kata Chief Executive Officer (CEO) GoTo Andre Soelistyo, dalam webinar Indonesia Bangkit bertajuk Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022, pada (29/9).

Baca Juga  BRI: Ekonomi di 2022 Diproyeksi Tumbuh 4,8-5,3 Persen

Ke depan, GoTo sangat optimistis, ekosistem digital dapat menjadi distribution channel bagi pelaku UMKM. Bahkan, semua orang punya kesempatan untuk memulai menangkap peluang bisnis yang besar ini.

“Tugas kami sebagai platform, entah itu Gojek, Tokopedia, GoPay, untuk menyediakan jembatan bagi para pengusaha atau orang-orang yang mempunyai ide dan gagasan yang bagus. Kemudian, mereka sukses menemukan konsumen-konsumen terbaik. Kalau idenya bagus, mulai aja dulu, pasti ada jalan. Itu sesuai tagline kami. Secara nyata, kami sudah menyediakan jalan dan jembatan-jembatan, dimana ekosistem terintegrasi mulai dari perdagangan, logistik, keuangan atau pembiayaan,” kata Andre.

Di bidang finansial, perusahaan punya layanan bernama GoTo Finansial. Di dalamnya ada tiga lini bisnis utama, yaitu pembayaran non-tunai contohnya GoPay dan payment gateway (Midtrans); jaringan point of sales (Moka dan Gobiz); dukungan administrasi operasional dengan produk Selly dan Gobiz.

Baca Juga  Sektor Industri dan Investasi Penopang Ekonomi Nasional

“Dengan begitu, kami, grup GoTo memiliki ekosistem e-commerce, layanan on-demand, dan finansial yang menghubungkan jutaan pelanggan, driver, dan mitra merchant untuk memberdayakan setiap pihaknya. Saat ini GoTo memiliki sekitar 2 juta mitra driver dan 12 juta mitra usaha,” sebut Andre.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0