in ,

Ratu Belanda Maxima Puji Gojek di KTT G20

Ratu Belanda Maxima Puji Gojek di KTT G20
FOTO: IST

Pajak.com, Italia – Ratu Maxima Zorreguieta Cerrut dari Belanda memuji Gojek karena dinilai sebagai salah satu contoh inspiratif yang mengembangkan ekosistem digital untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pujian kepada Gojek itu diungkapkan Ratu Belanda Maxima di hadapan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Italia, (30/10).

“Kita bersatu dalam upaya mencegah kemiskinan, ketimpangan, dan kekuatan dan keberlanjutan, dan UKM dapat membantu kita dalam upaya ini. Pengalaman menunjukkan, bahwa digitalisasi membuat bisnis lebih efisien, dan membantu mereka bahkan untuk mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja yang berkembang di banyak negara. Ini juga membuka pasar baru. Salah satu contoh inspiratif yang saya lihat ada di Indonesia, namanya Gojek,” ungkap Ratu Maxima.

Saat ini Gojek telah menggabungkan usahanya dengan Tokopedia menjadi GoTo. Ekosistem ini telah mencakup 2 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Pada 2020, total nilai transaksi bruto Gojek mencapai lebih dari 22 miliar dollar AS dari sekitar 1,8 miliar transaksi. Adapun total armada Gojek yang kini terdaftar sebesar lebih dari 2 juta, 11 juta mitra pedagang, dan sekitar 100 juta pengguna aktif bulanan.

Baca Juga  Australia Tawarkan Kolaborasi Penerapan Standar ESG Industri Nikel di Indonesia

“Gojek adalah aplikasi ride-hailing yang menggunakan ekosistem digitalnya untuk membantu usaha kecil mendigitalkan pemasaran, pembayaran, dan penjualan. Sekarang tiba-tiba UMKM ini terhubung ke dunia yang lebih besar. Banyak dari mereka membuat lompatan ke depan dan memperluas bisnis mereka di luar keberadaan fisik mereka, tentu saja inovasi seperti ini membutuhkan akses luas ke digital dan pengembangan keterampilan digital,” kata Ratu Maxima.

Sebelumnya pada tahun 2018, Ratu Maxima pernah berkunjung ke Indonesia dan menemui Chief Executive Officer (CEO) Gojek dan Gopay untuk melihat langsung layanan Go-Food. Kala itu, ia datang sebagai perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk inklusi keuangan atau United Nation Secretary General Special Advocate (UNSGSA) for Financial Inclusion. Ratu Maxima juga menyempatkan waktu untuk berbincang langsung dengan driver Gojek di warung bakso malang, di Jakarta Pusat.

Baca Juga  Buka Kantor di Medan, Hive Five Dukung Pengembangan UMKM dan Peningkatan Penerimaan Pajak

Dalam Pertemuan KTT G20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang gencar mempromosikan program pemberdayaan UMKM yang sudah dilakukan Indonesia, seperti pemberian kredit ultramikro, kredit usaha rakyat (KUR), program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), hingga digitalisasi UMKM.

Jokowi juga menyebutkan, Indonesia memiliki 65 juta unit UMKM yang berkontribusi 61 persen terhadap perekonomian nasional. Oleh sebab itu, pemerintah kini fokus mendukung transformasi ekonomi UMKM, salah satunya melalui pengembangan e-commerce. Nilai transaksi e-commerce diproyeksikan mencapai 24,8 miliar dollar AS tahun 2021 dan menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia di masa pandemi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jokowi Terbitkan Perpres Publisher Rights untuk Wujudkan Jurnalisme Berkualitas

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *