in ,

Pemerintah Optimis Indonesia akan Punya Decacorn Baru

Pemerintah Optimis Indonesia akan Punya Decacorn Baru
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keyakinannya decacorn di Indonesia akan segera bertambah. Artinya, perusahaan rintisan Indonesia yang memiliki valuasi di atas 10 miliar dollar AS nantinya tak hanya Gojek. Optimisme itu datang dari pendanaan startup digital yang saat ini mengalami tren peningkatan di tengah resiliensi ekonomi digital.

“Resiliensi (ekonomi digital) tercermin dari peningkatan pendanaan sejumlah startup di Indonesia, di mana hingga kini Indonesia telah memiliki satu decacorn yakni Gojek. Dan mudah-mudahan segera dua,” ujarnya dalam OJK Virtual Innovation Day 2021, dikutip Rabu (13/10).

Johnny menyebut, selain satu decacorn, Indonesia saat ini telah memiliki tujuh unicorn yakni Tokopedia, Traveloka, OVO, Bukalapak, J&T Express, OnlinePajak, Xendit, dan Ajaib. Ia pun mengatakan, lanskap ekonomi digital dan pengguna layanan digital turut mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Baca Juga  Lebih dari Rp 298 Triliun Disalurkan untuk Daerah Tertinggal

Mengutip data yang dirilis Google, Temasek, dan Bain, pertumbuhan startup digital meningkat di masa pandemi akibat peningkatan pengguna layanan digital.

“Jumlah pengguna internet mencapai 202,6 juta orang per Januari 2021. Di samping itu, pengguna layanan digital di Indonesia juga mengalami pertumbuhan sebesar 37 persen selama pandemi COVID-19,” jelasnya.

Dalam skala global maupun nasional, inovasi dan utilisasi teknologi digital lebih terakselerasi akibat pandemi COVID-19. Menurutnya, pendayagunaan konektivitas internet dan lalu lintas data menjadi enabler bagi kemajuan yang inklusif di era new normal, baik pada saat pandemi COVID-19 maupun ketika endemi kelak.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0