in ,

Pertumbuhan Ekonomi Berlanjut Asalkan Covid Terkendali

Pemulihan Ekonomi Indonesia dan Pertumbuhan Ekonomi Berlanjut Asalkan Covid-19 Terkendali
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis, pemulihan ekonomi Indonesia semakin menguat. Ia yakin, momentum pemulihan ekonomi ini akan terus berlanjut sepanjang tahun 2022 asalkan Covid-19 tetap terkendali. Vaksinasi massal diharapkan dapat mengendalikan dan mewujudkan herd immunity pada kuartal I tahun 2022. Penguatan ekonomi itu tergambar dalam outlook pertumbuhan ekonomi 2021 dan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2022 dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF).

Sri Mulyani Indrawati mengatakan, jika didasarkan pada sisi optimisme, tren pemulihan ekonomi Indonesia sudah terlihat semakin kuat dari berbagai indikator utama. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sudah berada pada angka 100, melebihi tingkat sebelum pandemi Covid-19. Kemudian, Indeks Penjualan Ritel (IPR) meningkat lebih dari dobel digit, PMI manufaktur ekspansif sejak 6 bulan terakhir, dan konsumsi listrik di industri dan bisnis tumbuh pada zona positif.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi tahun 2021 sebesar 4,5-5,3 persen, sedangkan proyeksi pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi tahun 2022 di kisaran 5,2-5,8 persen. Proyeksi pertumbuhan 2022 ini menurut Sri Mulyani sudah mempertimbangkan faktor komprehensif, termasuk dinamika aktivitas ekonomi domestik dan global. Proyeksi tersebut mencerminkan dua sisi, yakni sisi optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi dan di sisi lain tetap memberikan elemen ketidakpastian akibat pandemi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *