in ,

Bank Dunia: Ekonomi Kawasan Asia Tumbuh 7,7 Persen

Kahkonen mengatakan, ekonomi Indonesia diproyeksi tumbuh 4,4 persen tahun ini. Indonesia, mengalami kontraksi ekonomi yang relatif dangkal dibanding negara lainnya dan telah mengalami pemulihan yang bertahap. Untuk tahun depan, pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi hanya mencapai 5,0. Proyeksi ini lebih baik dibanding prediksi sebelumnya di angka 4,8 persen.

Sementara Thailand tumbuh 2,2 persen pada tahun 2021 dan 5,1 persen pada tahun 2022. Pertumbuhan Thailand dibanding oleh pulihnya sektor pariwisata pada tahun mendatang. Adapun Filipina diproyeksikan sebesar 4,7 persen pada tahun 2021 dan 5,9 persen pada tahun 2022, sedangkan Malaysia diperkirakan akan pulih menjadi 6 persen pada tahun 2021.

Vietnam diproyeksikan akan meningkat dengan rata-rata pertumbuhan 6,6 persen tahun ini dan tahun depan. Namun, Kahkonen menilai, pemulihan akan sangat lemah di pulau yang bergantung pada pariwisata, karena pariwisata diperkirakan akan tetap di bawah tingkat prapandemi hingga setidaknya tahun 2023.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

Kahkonen mengatakan, di antara tiga ekonomi terbesar Asia, yakni Cina, Indonesia, dan Thailand, hanya Cina yang output-nya sudah melampaui kapasitas prapandemi. Di Cina, infeksi Covid-19 tetap rendah dan pemulihan ekonomi meluas dari investasi publik ke konsumsi. Otoritas setempat kini tengah berfokus mengatasi risiko stabilitas keuangan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *