in ,

“Tips” Mengembangkan Bisnis UMKM

Tips Mengembangkan Bisnis UMKM
FOTO: IST

“Tips” Mengembangkan Bisnis UMKM

Pajak.com, Jakarta – Hasil riset yang dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyebutkan, para pelaku usaha memproyeksikan, tahun ini akan ada kenaikan nilai penjualan dibandingkan tahun 2022. Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mengaku optimistis menghadapi tahun 2023. Sebanyak 43 persen UMKM menyatakan kenaikan omzet usaha akan berkisar 1 persen sampai 19 persen pada tahun 2023. Sementara itu, 23 persen UMKM memperkirakan adanya kenaikan omzet hingga 20-39 persen. Nah, agar optimisme itu menjadi kenyataan, berikut ini tips mengembangkan bisnis UMKM.

Mengutip laman resmi Dinas Koperasi UKM Kabupaten Kulon Progo, ada delapan cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan UMKM. Pertama, bagi Anda yang ingin membuka cabang usaha baru, pastikan lakukan survei dan observasi tempat potensial untuk penjualan produk Anda. Mulailah dengan observasi, apakah produk Anda potensial dijual di sana. Kumpulkanlah data semisal, berapa estimasi jumlah orang yang lewat di tempat itu setiap harinya, berapa banyak orang yang kemungkinan akan membeli produk Anda, bagaimana akses logistiknya, buatlah daftar kebutuhan ketika Anda buka cabang di tempat itu. Jadikan data observasi itu sebagai pertimbangan kelayakan usaha Anda.

Baca Juga  KADIN Optimistis Hasil Putusan MK Beri Kepastian bagi Dunia Usaha

Kedua, aktiflah mengikuti acara pameran dan festival untuk mendukung eksistensi dari produk bisnis Anda. Pameran dan festival adalah salah satu cara pemasaran yang cukup terjangkau dan efektif. Melalui acara itu, pelaku UMKM bisa mengenal vendor-vendor baru, mengetahui kompetitor-kompetitor bisnis mereka dan mendapatkan calon-calon pelanggan. Dengan mengikuti pameran atau festival, produk Anda akan semakin dikenal masyarakat. Tentu saja Anda harus mengikuti pameran atau festival yang sesuai dengan produk Anda.

Ketiga, menjalin relasi dengan sesama pengusaha. Semakin banyak relasi, semakin mudah mencari vendor-vendor yang tepercaya. Selain itu, peluang untuk memperluas wilayah bisnis juga semakin terbuka lebar.

Keempat, selalu meningkatkan mutu pelayanan. Untuk bisa meningkatkan mutu dan pelayanan, Anda harus terbuka dengan semua kritik dan saran dari pelanggan. Tanyakan kepada pelanggan, tentang produk Anda, apa kekurangan dan kelebihannya. Tentu saja tidak semua permintaan pelanggan harus dipenuhi. Anda harus jeli melihat mana kritik dan saran yang membangun bisnis Anda dan mana yang tidak.

Baca Juga  38 Negara Dukung Indonesia Jadi Anggota OECD, Jokowi Ungkap Manfaatnya

Kelima, manfaatkan perkembangan teknologi. Pada era digital ini, teknologi punya peran penting untuk mengembangkan bisnis, baik sebagai media promosi, maupun platform penjualan. Gunakanlah teknologi sebagai penunjang bisnis Anda. Aktiflah berkomunikasi dengan pelanggan dan memasarkan produk-produk Anda melalui media sosial.

Dengan teknologi, Anda juga bisa memaksimalkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP), yakni sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan. Apalagi sat ini banyak vendor aplikasi yang menyediakan ERP bagi UMKM.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,11 Persen, Optimisme di Tengah Isu Resesi Global

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *