in ,

Tiga Imbauan Menhub Terkait Arus Balik Mudik

“Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes (protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan dengan baik,” tegas Budi Karya.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi arus balik di sektor penyeberangan, utamanya di Bakauheni-Merak, Kemenhub telah menjalankan pelbagai antisipasi. Diantaranya yakni, mengimbau masyarakat untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan secara on-line agar tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik lalu.

“Sejumlah dermaga tambahan masih terus dioperasikan seperti yang dilakukan pada arus mudik. Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang, sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya, seperti mobil, bus, dan sepeda motor. Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak. Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” ungkap Budi Karya.

Baca Juga  BPK Ungkap Empat Skenario Masa Depan Usai Pandemi

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 (1433 H), jumlah penumpang kumulatif di semua moda angkutan secara kumulatif periode (25/4) atau H-7 hingga (1/5) atau H-1, mencapai 5.188.779 penumpang. Jumlah ini masih lebih kecil 7 persen bila dibandingkan dengan pergerakan penumpang angkutan umum pada periode yang sama di tahun 2019, yakni sebesar 5.576.540 penumpang. Puncak tertinggi pergerakan penumpang angkutan umum pada arus mudik tahun ini terjadi pada (30/4) atau H-2 dengan jumlah 952.210 penumpang. Sementara secara total (penumpang transportasi umum dan pribadi), pemerintah memproyeksi jumlah pemudik pada Lebaran 2022 sebanyak 80 juta—85 juta orang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *