in ,

Perdamaian adalah Kunci Pemulihan Ekonomi Dunia

Perdamaian adalah Kunci
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut, G20 punya peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia. Di sisi lain, Jokowi menilai bahwa perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia. Oleh karena itu, Presidensi G20 Indonesia mendorong penyelesaian damai dalam konflik Rusia-Ukraina.

“Saya ingin menekankan bahwa Indonesia ingin menyatukan G20. Jangan sampai ada perpecahan. Perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia,” kata Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dikutip Pajak.com, Selasa (3/5).

Sebagai pemegang mandat Presidensi G20 tahun 2022 dalam dua bulan terakhir, Jokowi mengklaim telah berkomunikasi dengan sejumlah pemimpin negara dan juga Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada bulan November mendatang.

Baca Juga  Menves Bahlil Ajak Anak Muda Jadi Pengusaha

Ia juga berdiskusi melalui sambungan telepon mengenai dinamika situasi global terkini, termasuk di antaranya soal perang Rusia-Ukraina. Pada 7 Maret lalu misalnya, Jokowi berkomunikasi dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz. Lalu dilanjutkan berkomunikasi dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada 8 Maret.

“Dan 16 Maret 2022, saya juga berbicara dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Kemudian 22 Maret 2022, saya juga berbicara lewat telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan 31 Maret 2022, melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, serta 12 April 2022 dengan Sekjen PBB Antonio Guterres,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0