in ,

Tiga Penyebab Harga Tiket Pesawat Naik

Tiga Penyebab Harga Tiket
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno menyebutkan, ada tiga penyebab utama yang mendorong kenaikan harga tiket pesawat, baik domestik maupun luar negeri. Menurutnya, hal ini perlu segera dimitigasi karena akan memperlambat pertumbuhan sektor pariwisata.

“Padahal sekarang permintaannya banyak, tapi pesawatnya tidak banyak, jadinya tiket mahal. Tapi kalau memang sudah niat pergi, pasti tetap akan pergi. Hanya bagi yang masih mempertimbangkan budget, jadi akan pindah destinasi atau naik pesawat yang lebih murah,” kata Pauline dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com(4/6).

Apa saja tiga penyebab harga tiket pesawat melambung tinggi? Pertama, kenaikan harga avtur. Sekilas informasi, avtur merupakan jenis bahan bakar yang digunakan untuk pesawat. Kenaikan harga avtur dipengaruhi oleh melambungnya harga minyak dunia yang tengah melonjak akibat kondisi geopolitik dunia Ukraina dan Rusia. Harga avtur berkontribusi pada 40 persen komponen harga tiket. Secara simultan, biaya ground handling, navigasi, dan lalu lintas udara juga mengalami kenaikan.

Baca Juga  Pemerintah Salurkan Pembiayaan UMi Kendal dan Demak

“Kenaikan harga avtur sangat berdampak pada harga tiket pesawat luar negeri. Misalnya saja, harga tiket pesawat Jakarta-Singapura bisa mencapai Rp 8 juta lebih. Jadi memang paling terlihat nyata rute Singapura, karena kebetulan rute ini destinasi favorit orang Indonesia,” ungkap Pauline.

Contoh lain, melansir dari airportspotting.com (3/6), maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA), yakni Etihad Airways, menjual tiket pesawat termahal dengan harga sekitar Rp 916,8 juta per orang. Begitu pula dengan perjalanan ke Malaysia pada (3/6), harga tiket dibanderol dengan harga Rp 1,8 juta hingga 3,3 juta untuk penerbangan langsung. Sementara, pada (5/6), harga tiket pesawat penerbangan ke Malaysia Rp 4,7 juta hingga Rp 5,1 juta.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0