in ,

Telkom Optimalkan Potensi Ekonomi Digital

Telkom Optimalkan Potensi Ekonomi Digital
FOTO : IST

Telkom Optimalkan Potensi Ekonomi Digital

Pajak.com, Jakarta – Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menegaskan bahwa Telkom akan terus mengoptimalisasi infrastruktur layanan serta produk digital untuk menggali potensi ekonomi digital kedepannya.

“Selain daripada infrastruktur digital, pilar bisnis Telkom ada pada digital platform dan digital services. Itulah mengapa kita juga memiliki program inkubasi bagi para startup dan program untuk UMKM. Kita juga aktif untuk mengembangkan berbagai platform dan aplikasi yang ada di Indonesia maupun yang ada di beberapa negara lain dan bekerja sama dengan perusahaan dari berbagai sektor,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Pajak.com pada Sabtu (12/11).

Sebagai informasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menduduki peran penting sebagai pilar utama perekonomian negara, yang berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dan menyerap banyak tenaga kerja. Maka, untuk menciptakan ekosistem ekonomi yang stabil dan terus bertumbuh dengan baik, perlu ada penguatan secara menyeluruh bagi UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Terlebih, kedepannya tren ekonomi digital semakin cepat berkembang sehingga persaingan usaha juga kian sengit.

Baca Juga  Pos Indonesia Raih “Appreciated Social ESG Report”

Melihat hal tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telco terdepan mendukung penuh para pelaku UMKM untuk dapat terus bergerak mengikuti perkembangan ekonomi digital melalui penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan digital yang mumpuni.

Hingga saat ini, Telkom telah menjalankan berbagai program untuk menggerakkan roda ekonomi nasional dari usaha kecil menengah, terutama pada masa pemulihan pascapandemi COVID-19.

“Sebanyak Rp 223,28 miliar telah disalurkan oleh Telkom pada tahun 2021 kepada 5.370 UMK Binaan melalui program dana pinjaman. Selain itu, kegiatan pengembangan kompetensi kewirausahaan dan digitalisasi pengelolaan dana pinjaman maupun proses produksi hingga distribusi juga terus dilakukan demi meningkatkan kemampuan UMKM go digital,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

Disamping itu, untuk menghadapi era ekonomi digital, Telkom menyadari bahwa kapabilitas digital masyarakat terutama pelaku UKM menjadi hal yang krusial. Maka dari itu, Telkom memberikan solusi inovatif untuk dapat memperkuat kapabilitas digital, berupa access to capital, access to competence, dan access to commerce.

Dalam aspek access to capital, Telkom secara maksimal menyalurkan program pendanaan kepada UMKM yang bergerak di segala sektor industri. Tiga sektor teratas dengan jumlah penyaluran dana terbesar berdasarkan data tahun 2021 adalah sektor perdangangan, industri, dan jasa.

Pada aspek access to competence, Telkom menjalankan kegiatan pelatihan, sertifikasi, dan pengembangan lainnya terkait digitalisasi melalui Rumah BUMN yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tujuan dari pelatihan yang dilakukan adalah mendorong para UMKM untuk go digital, memperluas pemasaran produknya di dalam negeri hingga pasar global dengan memanfaatkan layanan digital Telkom, PaDi UMKM.

Baca Juga  BI Siapkan Rp 197 T untuk Penukaran Selama Ramadan dan Idulfitri

Sedangkan pada aspek access to commerce, Telkom memberikan pelatihan serta materi lebih mendalam terkait perluasan pasar secara on-line serta secara konsisten mendorong mitra binaan unggulan untuk berpartisipasi pameran berskala nasional dan internasional.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *