in ,

Sri Mulyani Ungkap Strategi KSSK Hadapi Pandemi di 2022

Sri Mulyani Ungkap Strategi KSSK Hadapi Pandemi di 2022
Foto: KLI Kemenkeu

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengungkapkan strategi dalam menghadapi dinamika perekonomian akibat ketidakpastian pandemi COVID-19 di tahun 2022, yaitu mengombinasikan kebijakan fiskal dan moneter. Kombinasi ini terbukti efektif dalam memitigasi krisis pada 2020—2021.

Sekilas informasi, KSSK dibentuk 30 Desember 2005 berdasarkan keputusan bersama Menteri Keuangan (Menkeu), Gubernur Bank Indonesia (BI), dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Kini, anggota KSSK ditambah dengan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tugas KSSK adalah menyelenggarakan pencegahan dan penanganan krisis sistem keuangan untuk melaksanakan kepentingan dan ketahanan negara di bidang perekonomian.

“Kombinasi kedua kebijakan tersebut sekaligus menjadi bagian dari upaya mengimplementasikan exit strategy secara bertahap. Serta akan diperkuat lebih lanjut melalui sinkronisasi dengan kebijakan makroprudensial, mikroprudensial, dan penjaminan simpanan. Sehingga KSSK akan terus memperkuat koordinasi dan sinergi,” jelas Sri Mulyani dalam Konferensi Pers KSSK, yang dilakukan secara virtual, (2/2).

Baca Juga  Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *