in ,

Sri Mulyani: PDB Indonesia Sudah Kembali ke Prapandemi

Sri Mulyani: PDB Indonesia Sudah Kembali ke Prapandemi
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang sudah mencapai pemulihan ekonomi. Hal itu ditunjukkan dari capaian produk domestik bruto (PDB) yang sudah kembali ke prapandemi, bahkan telah melampaui sebelum COVID-19.

“Kembalinya kinerja perekonomian Indonesia ke level prapandemi dilihat dari indeks PDB riil 2021 yang tercatat 101,1. Patokan indeks PDB riil sebelum COVID-19 adalah 100. Karena Indonesia sudah ada di atas 100, maka Indonesia sudah kembali ke kinerja perekonomian sebelum COVID-19 dan bahkan sudah melebihinya. Pemulihan ekonomi didorong oleh pemulihan dari sisi permintaan, yaitu konsumsi, investasi, ekspor. Dari sisi produksi manufaktur perdagangan dan konstruksi juga mencapai level prapandemi COVID-19,” jelas Sri Mulyani dalam high level discussion, bertajuk Strategic Policy Framework to Enhance The Usage of Local Currency Settlement in Trade and Investment in Asia, sebagai rangkaian dari Presidensi G20, (16/2).

Baca Juga  Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Capai 5 Persen

Direktur Pelaksana Bank Dunia periode 2010–2016 ini mengatakan, pemulihan ekonomi Indonesia saat ini lebih cepat bila dibandingkan dengan kondisi krisis yang pernah dihadapi Indonesia pada tahun 1997–1998. Pada saat itu, Indonesia juga mengalami resesi ekonomi.

“Jadi bagi kami ini adalah hasil yang sangat baik dari ekonomi serta kebijakan yang kami pelajari dari pengalaman kami sendiri. Tetapi juga berakselerasi agar kita dapat menavigasi pandemi ini, implikasi kontrak, dan prospek pemulihan. Output pertumbuhan ekonomi Indonesia berhasil keluar dari zona negatif pada tahun 2021, dimana tumbuh positif 3,69 persen. Output Indonesia juga telah tercapai dan telah melewati tingkat prapandemi. Ini membuat Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki pemulihan yang sangat cepat,” kata Sri Mulyani.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0