in ,

PDB Global Turun Bila Tak Selesaikan Masalah Gender

PDB Global Turun Bila Tak Selesaikan
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap, Produk Domestik Bruto (PDB) global dapat turun hingga 1 triliun dollar AS, apabila dunia tidak menyelesaikan permasalahan gender di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Hal itu ia kutip dari hasil penelitian McKinsey Global Institute. Menurut Sri Mulyani, penyelesaian masalah gender dapat dilakukan melalui program yang fokus pada inklusi digital dan finansial, penguatan Keluarga Berencana (KB), kesehatan ibu, menyelesaikan hak para pekerja, serta merawat masyarakat berusia lanjut.

“Bila kita semua mengambil tindakan untuk meningkatkan kesetaraan gender, GDP global tidak turun, bahkan pada tahun 2023 dapat tumbuh hingga 13 triliun dollar AS. Angka yang begitu signifikan,” tulis Sri Mulyani dalam Instagram resminya, yang juga disampaikannya dalam acara B20 Women in Business Action Council, dikutip Pajak.com (20/6).

Baca Juga  Kemenkop Apresiasi Pemkab Kulon Progo

Ia memastikan, Indonesia telah berproses signifikan dalam menerapkan kebijakan kesetaraan gender. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 53 persen dari keseluruhan tenaga kerja di Indonesia saat ini merupakan perempuan.

“Akan tetapi, sebanyak 62 persen dari tenaga kerja berada di sektor informal. Padahal, tingkat inklusi keuangan perempuan di Indonesia lebih tinggi 5 persen dibandingkan dengan laki-laki. Presiden Joko Widodo telah menargetkan pengentasan kemiskinan absolut pada 2024. Pada konteks ini peran perempuan menjadi sangat penting. Ini menjadi tugas pemerintah yang selaras dengan agenda pembangunan nasional,” ungkap Sri Mulyani.

Di sisi lain, ia mengakui, target itu tidak mudah. Diperlukan inklusi keuangan untuk mengakselerasi peran perempuan dalam mengentaskan kemiskinan. Adapun, inklusi keuangan adalah sebuah kondisi anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0