in ,

Sistem Pemberdayaan UMKM Binaan Pertamina

Sistem Pemberdayaan UMKM Binaan Pertamina - SME 1000
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi program inovasi sistem pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) selama ini. Terlebih sistem pemberdayaan UMKM yang dilakukan Pertamina itu telah dituangkan dalam buku SME 1000: Encouraging Innovations edisi kedua, yang merupakan bagian dari program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi pada (peluncuran) buku SME 1000: Encouraging Innovations ini. Karena kalau kita lihat benang merah dari kegiatan entrepreneurship tentunya adalah inovasi. Inovasi yang telah dilakukan Pertamina dalam porsi yang pas. Simpel dan tidak terlalu berlebihan. Namun, dampak yang diharapkan bisa lebih baik, lebih cepat, dan lebih ekonomis. Dengan tiga panduan tersebut, saya yakin UMKM bisa lebih maju dan sukses dibawah binaan Pertamina,” kata Sandi dalam webinar bertajuk UMKM Go Online dan Go Digital menuju UMK Kuat, Bangsa Berdaulat, pada (5/9).

Baca Juga  Gibran Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo

Vice President CSR and SMEPP Management Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan, buku yang diluncurkan merupakan katalog daftar 1.000 UMKM mitra binaan unggulan Pertamina yang telah melalui proses kurasi. Singkatnya, SME 1000: Encouraging Innovations memuat informasi UMKM yang menceritakan tentang awal membangun usaha dan kiat mempertahankan usaha hingga sukses. Selain itu, buku melampirkan profil usaha, pengenalan produk, alamat, nomor kontak, hingga akun media sosial UMKM.

“Pertamina berharap dapat menyajikan informasi serta pesan-pesan yang mendalam terhadap perkembangan dunia UMKM di Indonesia. Semoga buku ini juga dapat menginspirasi berbagai pihak untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemandirian masyarakat Indonesia lewat dukungan kepada UMKM,” kata Arya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *