in ,

Sistem Pemberdayaan UMKM Binaan Pertamina

Fajriyah menyebutkan, terdapat pelbagai macam UMKM sektor industri yang dibina Pertamina. Mulai dari industri makanan minuman, batik, pakaian jadi, alas kaki, mainan anak, dan beragam jenis industri lainnya.

“Bukan tidak mungkin, industri mikro dan kecil itu jadi pabrik makanan, minuman, pakaian, alas kaki, dan perusahaan besar yang bermula dari UMKM. Pertamina telah membina lebih dari 8.700 mitra binaan yang bergerak di sektor ini. Di mana masing-masing UMKM tersebut memiliki jumlah pekerja yang relatif banyak dibanding sektor lain. Sehingga jika ditotal, pihak yang mendapatkan manfaat dari pendampingan Pertamina ini jauh lebih banyak lagi,” ungkap Fajriyah.

Sebagai informasi, webinar juga dihadiri oleh Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO  Wientor Rah Mada; ekonom dan pengusaha Budi Satria Isman; dan mitra binaan Pertamina pemilik Kekean Wastra Gallery Achmad Nur Hasim.

Baca Juga  Pemerintah Pantau Penurunan Nilai Ekspor Nasional

Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari pre-event Gerakan Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim) dan SMEXPO 2021. Pertamina berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT); Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves); Provinsi Kalimantan Timur; Bank Indonesia (BI); dan pemangku kepentingan lainnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *