in ,

Seberapa Penting Aplikasi PeduliLindungi untuk Kita?

4. Informasi hasil tes Covid-19 

Dalam aplikasi PeduliLindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR (polymerase chain reaction) atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

Cara penggunaan aplikasi PeduliLindungi 

  1. Unduh dan install aplikasi lewat Play Store atau App store. Buka aplikasi dan berikan izin akses lokasi, penyimpanan, dan kamera.
  2. Buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor ponsel, dan nomor KTP (kartu tanda penduduk).
  3. Apabila sudah memiliki akun, login dengan nomor ponsel yang telah didaftarkan, masukkan kode OTP (one-time password) untuk verifikasi. Kode OTP dikirim lewat SMS (short message service) ke nomor ponsel yang didaftarkan.
  4. Setelah berhasil login, Anda akan melihat tampilan awal PeduliLindungi dengan beberapa tombol menu, seperti Pendaftaran Vaksin, Scan QR Code, Teledokter, Info Penting, Diari Perjalanan, dan Paspor Digital—sebagai syarat perjalanan.
  5. Dalam menu Paspor Digital Akan muncul dua sub-menu, yaitu Sertifikat Vaksin dan Hasil Test COVID-19.
Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Di tengah penting dan bermanfaatnya PeduliLindungi, belakangan ini kita dikagetkan dengan kabar kebocoran data sertifikat vaksin Presiden Joko Widodo. Namun, Luhut telah menjamin keamanan aplikasi ini untuk kedepannya.

“Terkait keamanan data di dalam PeduliLindungi, pemerintah menjamin keamanan data tersebut, dan saat ini penyimpanan data dilakukan oleh kementerian komunikasi dan informasi dengan penanganan keamanan data dibantu oleh badan sandi dan siber negara,” kata Luhut dalam konferensi pers virtual mengenai PPKM, pada Senin (6/9).

Ditulis oleh

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *