in ,

Seberapa Penting Aplikasi PeduliLindungi untuk Kita?

Kekhawatiran selanjutnya berasal dari laporan Kominfo, bahwa pihaknya telah mengidentifikasi sebuah situs web PeduliLindungi palsu. Website itu memiliki alamat pedulilindungia.com, hampir mirip seperti situs web PeduliLindungi asli yang beralamat pedulilindungi.id.

Situs PeduliLindungi palsu juga menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id. Website abal-abal itu memberi info, bahwa orang bisa membeli vaksin Covid-19 dengan harga Rp 1 juta. Bahkan, pelaku mencantumkan rekening bank untuk transfer di dalam informasi penipuan itu. Padahal, vaksin Covid-19 di Indonesia tidak dipungut biaya alias gratis.

“Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19,” jelas Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, dalam keterangan resmi, pada (9/9).

Baca Juga  Wamenkominfo Soroti Urgensi Perlindungan Data Pribadi dan Privasi

Dedy menegaskan, situs PeduliLindungi palsu itu telah diblokir oleh Kominfo. Untuk mengantisipasi kemungkinan modus lain, pemerintah meminta masyarakat agar hanya mengakses situs dan aplikasi PeduliLindungi yang asli.

“Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun. Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store,” jelas Dedy.

Ditulis oleh

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *