in ,

Program Kemkominfo Siapkan Talenta Muda Digital

Menurut Hary, ada pula skema pelatihan yang dinamakan cyber security analyst untuk sektor publik. Dengan pelatihan itu diharapkan peserta akan paham terhadap keamanan informasi ketika mereka memberikan data, informasi, atau mengonfigurasi suatu jaringan komputer.

Pelatihan lainnya adalah Big Data Social Science untuk peneliti atau masyarakat yang membutuhkan pemanfaatan analisis big data agar menghasilkan produk riset yang lebih baik. Khusus untuk wanita, Kominfo juga memberikan pelatihan yang disebut Woman in Tech Programming with Python. Dengan program ini para wanita ini akan diajarkan dengan coding yang diharapkan bisa menjadi programmer dengan cara-cara yang simpel tetapi menggunakan bahasa program Python.

Adanya teknologi tanpa kesiapan sumber daya manusia menurut Hary akan menjadikan hal yang sia-sia. Oleh karena itu, pengembangan SDM harus didukung dan dilaksanakan tidak hanya oleh pemerintah, tetapi juga oleh lembaga-lembaga organisasi maupun korporasi. Baik yang dari negeri maupun swasta, sehingga hasil yang didapatkan akan lebih masif dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Menurut Hary, pemerintah berperan tidak hanya untuk melaksanakan program pengembangan SDM, tetapi juga membangun ekosistem pengembangan SDM. Maka Balitbang Kementerian Kominfo telah melaksanakan pelatihan talenta digital dan memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan ke tingkat magister maupun tingkat doktor.

Hary menyebut, berdasarkan pengalaman Kementerian Kominfo selama melakukan pelatihan DTS 4 tahun, mayoritas peserta yang mengikuti beragam pelatihan itu paling banyak berasal dari pulau Jawa dan Sumatera. Sementara peserta dari pulau-pulau lainnya masih sangat sedikit. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo melibatkan peran asosiasi sektor TIK agar membantu menyebarluaskan peluang pelatihan. Harapannya, masyarakat mendapat informasi merata di seluruh wilayah Indonesia dan memperoleh suatu pelatihan-pelatihan gratis yang disiapkan Pemerintah.

Baca Juga  Sri Mulyani dan Presiden ADB Bahas Kerja Sama Pemensiunan Dini Pembangkit Listrik Batu Bara

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *