in ,

Presiden Jokowi Luncurkan Taksonomi Hijau Indonesia

Presiden Jokowi Luncurkan Taksonomi Hijau Indonesia
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Taksonomi Hijau Indonesia yang disusun oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Taksonomi ini akan menjadi pedoman bagi pemerintah untuk mengindentifikasi sektor dan subsektor usaha menjadi tiga kategori, yakni ramah lingkungan, kurang ramah lingkungan, dan tidak ramah lingkungan. Dengan demikian, kementerian/lembaga (K/L) dapat menentukan kebijakan dalam memberikan insentif maupun disinsentif untuk seluruh industri di tanah air.

Taksonomi Hijau Indonesia akan menjadi salah satu capaian atau kebijakan nasional bersama dengan beberapa inisiatif di lainnya, seperti percepatan dekarbonisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) 2021—2030; perdagangan karbon; dan Peta Jalan Pengembangan Industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Baca Juga  Jokowi Undang B20 Investasi di 3 Sektor Prioritas Indonesia

“Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi hijau. Salah satunya adalah besarnya potensi energi hijau di Indonesia baik hydropower maupun geotermal. Selain itu, pemerintah saat ini juga tengah membangun kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Maka, dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya luncurkan Taksonomi Hijau Indonesia,” kata Jokowi dalam Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia, yang disiarkan secara virtual, (20/1).

Ia memastikan, kebijakan reformasi struktural akan terus dilanjutkan dengan berfokus pada pembangunan ekonomi berbasis environmental, social, dan governance. Pemerintah juga komitmen mendorong transformasi teknologi dan digitalisasi dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya mengharapkan dukungan dari sektor dan industri jasa keuangan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan menyukseskan agenda reformasi struktural, teknologi tersebut,” kata Jokowi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0