in ,

PPKM Darurat, Anggaran Kesehatan Rp 193,93 Triliun

Adapun untuk alokasi dana insentif tenaga kesehatan (nakes) tahun anggaran 2020 sebesar Rp 4,65 triliun, telah dibayarkan hampir 100 persen. Ia berjanji, tunggakan insentif nakes tahun 2020 sebanyak Rp 1,48 triliun seluruhnya akan dibayarkan di tahun ini. Lalu untuk tahun ini, pemerintah juga menyiapkan insentif nakes sampai dengan semester I sebesar Rp 3,79 triliun dengan realisasi sementara sebanyak Rp 2,65 triliun atau 69,8 persen telah dibayarkan untuk 323.486 nakes di 6.198 fasilitas kesehatan.

“Sementara memang sampai dengan semester I, tapi sudah ada pembicaraan untuk memperpanjangnya sampai dengan akhir tahun. Ini nanti kami sendang siapkan juga tambahan anggarannya,” imbuhnya.

Lalu untuk santunan kematian bagi nakes yang wafat atau gugur selama pandemi ini, Isa membeberkan bahwa pemerintah telah memberikan santunan kematian sebesar Rp 58,8 miliar dari pagu anggaran sebanyak Rp 60 miliar di tahun lalu. Sementara di tahun ini, dengan pagu sebesar Rp 50 miliar, pemerintah telah membayarkan sebanyak Rp 49,85 miliar.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

“Ini tentunya juga kami akan me-review apakah menunjukkan tambahan-tambahan sampai dengan akhir tahun. Tentunya kita semua berharap, tidak banyak lagi tenaga kesehatan yang wafat atau gugur di dalam menjalankan tugas. Namun, kita tetap perlu mengantisipasinya dengan baik, ini akan jadi bahan pembicaraan juga dengan Kemenkes,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *