in ,

PLTBg Sei Mangkei Berpotensi Turunkan Emisi Karbon

PLTBg Sei Mangkei Berpotensi Turunkan Emisi Karbon
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Sinergi antara Pertamina melalui subholding Pertamina NRE dengan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) berpotensi menurunkan emisi karbon sebesar 70 ribu ton per tahun, yang diwujudkan melalui kerja sama dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Sei Mangkei.

Chief Executive Officer Pertamina NRE Dannif Danusaputro mengungkapkan, PLTBg Sei Mangkei merupakan kerja sama yang dibangun untuk menyuplai listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan sudah beroperasi sejak Januari 2020. Skema kerja sama yang digunakan adalah build, own, operate, transfer (BOOT).

“Kerja sama antara Pertamina NRE dengan PTPN III dalam pengembangan PLTBg Sei Mangkei merupakan kerja sama strategis untuk meningkatkan energi baru dan terbarukan (EBT) pada bauran energi sekaligus menurunkan emisi karbon, khususnya di KEK Sei Mangkei yang memiliki konsep green economic zone,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/08).

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

Ia menambahkan, PLTBg Sei Mangkei sendiri memiliki kapasitas 2,4 MW dan dibangun di atas lahan seluas sekitar 2 hektar milik PTPN III dan menyerap 288.350 meter kubik limbah cair kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME) per tahun.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN III Mohammad Abdul Ghani menjelaskan bahwa pengelolaan limbah cair kelapa sawit secara terbuka menghasilkan gas metana yang berdampak buruk bagi lingkungan karena bisa mempercepat pemanasan global.

Ditulis oleh

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *