in ,

PLTBg Sei Mangkei Berpotensi Turunkan Emisi Karbon

Menurutnya, kehadiran PLTBg Sei Mangkei yang memanfaatkan limbah cair kelapa sawit berpotensi mereduksi emisi gas metana sekitar 2.500 hidrokarbon metana atau setara 70 ribu ton karbon dioksida per tahun.

“Sebagai bentuk komitmen dari PTPN Group dalam pengembangan EBT serta mendukung pencapaian target bauran EBT sebesar 23 persen pada tahun 2025, kami wujudkan melalui pengembangan PLTBg dan program biogas co-firing di unit PKS PTPN Group dengan Pertamina NRE,” jelasnya.

Ia melanjutkan, pengembangan PLTBg juga memberikan manfaat bagi perusahaan, yang meliputi pengurangan emisi gas metana dan karbon, pengurangan konsumsi listrik berbasis fosil serta penerimaan pendapatan. “Pemanfaatan limbah cair kelapa sawit untuk PLTBg memberikan nilai ekonomis bagi PTPN III yang mencapai hampir Rp 3,5 milyar per tahun,” imbuhnya.

Baca Juga  XL Axiata Raih Sertifikat “Carbon Disclosure Project”

Selain membangun PLTBg Sei Mangkei, Pertamina NRE juga membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di KEK Sei Mangkei dengan kapasitas 2 MW yang berpotensi menurunkan 2.000 ton karbon dioksida per tahun. Pemanfaatan listrik biogas dan surya akan mendukung upaya pelaku industri untuk mendapatkan sertifikat hijau (green certificate).

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *