in ,

Peran Penting Apkasi Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh karena itu, lanjut Tito, keberadaan Apkasi menjadi sangat penting untuk menjembatani aspirasi daerah, memberikan masukan kepada pemerintah pusat, memahami kebijakan-kebijakan pusat kemudian diterjemahkan dan disosialisasikan kepada seluruh anggota Apkasi.

“Para bupati bisa saling belajar di forum Apkasi melalui sharing best practice, belajar dari keberhasilan daerah satu dengan yang lainnya untuk kebaikan di daerah masing-masing,” imbuhnya.

Tito juga menambahkan, dalam konteks pandemi Apkasi diharapkan bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 serta memulihkan ekonomi daerah yang secara akumulatif berkontribusi di tingkat nasional. Ia pun berpesan, belanja daerah harus dipercepat dan mencari peluang-peluang untuk meningkatkan pendapatan, terutama pendapatan asli daerah serta sumber lain seperti Badan Usaha Milik Daerah.

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

“Cari peluang, misalnya masalah pangan yang masih bisa menjanjikan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini; kemudian sektor pertanian, perikanan dan sektor pertambangan yang masih bisa survive dan bisa memberikan kompensasi bagi sektor-sektor lain yang tertekan,” paparnya.

Di sisi lain, imbuh Tito, para bupati juga perlu memerhatikan komposisi belanja daerah, agar tidak didominasi penuh dengan belanja operasional seperti gaji pegawai.

Ditulis oleh

Baca Juga  PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Perkenalkan Kategori Baru 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *