in ,

Peran Penting Apkasi Pulihkan Ekonomi Nasional

Presiden Jokowi Peran Penting APKASI Pulihkan Ekonomi Nasional
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) yang terdiri dari 416 bupati seluruh Indonesia berperan sangat penting dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, baik untuk menjaga kesehatan warganya sekaligus memulihkan ekonomi daerah. Sehingga, kepala daerah harus mampu menciptakan inovasi dan melakukan lompatan-lompatan yang signifikan di masa krisis ini.

“Para bupati harus terus melakukan terobosan-terobosan dan inovasi-inovasi, dan tidak terjebak rutinitas, dan menemukan cara-cara baru birokrasi di daerah; agar dapat memberikan pelayanan yang semakin efektif dan prima kepada masyarakat,” ucap Jokowi secara virtual di acara Syukuran Hari Jadi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Ke-21 Tahun, dikutip Pajak.com, Rabu (2/6).

Baca Juga  PGN Dukung Strategi Pengelolaan Gas Bumi Terintegrasi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan peran 416 bupati yang tergabung dalam Apkasi sangatlah penting dalam situasi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Jokowi menekankan, para bupati harus terus bisa menjaga kesehatan masyarakat dan memulihkan perekonomian, melalui sinergi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Di kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian mengingatkan bahwa filosofi pembentukan Apkasi adalah untuk mendukung dan mengawal pelaksanaan otonomi daerah, dengan memberi kesempatan kepada para kepala daerah agar lebih mampu dan fleksibel dalam menggunakan kewenangannya.

“Dengan kewenangan tersebut para bupati diharapkan dapat mengembangkan seluruh potensi yang ada di wilayahnya, sehingga harapannya setiap daerah akan dapat berkembang, lebih sejahtera masyarakatnya dan mandiri,” jelas Tito.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *